Nestapa Partition Magic

13
1298

Jangan main-main dengan sesuatu yang belum dikuasai betul. Atau setidaknya pelajari dulu sebelum uji coba. Itulah pelajaran yang saya dapatkan setelah mendapat musibah akibat partition magic.

Beberapa tahun lalu, ketika sedang mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi) saya berkenalan dengan partition magic. Sebelumnya sudah tahu, tapi belum pernah pakai. Partition magic itu adalah sebuah software yang berguna untuk mengelola hardisk. Kita bisa membuat partisi, menggabungkan (merge) drive hardisk, dan berbagai fungsi lainnya yang berkenaan dengan hardisk.

Saya sudah selesai mengerjakan seluruh tugas akhir saya. Senang sekali rasanya. Esok pagi saya akan menghadap dosen pembimbing untuk memberikan draft tugas akhir (TA). Asik, kalau saya sidang sekarang maka saya akan lulus tepat waktu. Sungguh membanggakan. Pakai topi aneh dan baju gombrang di SABUGA-ITB. Meski seperi badut, tapi itulah baju kebanggaan seorang mahasiswa.

6 bulan sudah tugas akhir itu saya susun. Melelahkan dan penuh ujian. Saya memilih sendiri judul TA saya, dan untungnya dosen menyetujuinya. TA saya membuat software, bukan mengkaji pengaruh variabel tertentu terhadap suatu masalah, bukan pula studi literatur. Jadi selain menulis draft TA, saya juga harus membangun program software sebagai produk TA saya.

Malam itu saya santai-santai saja. Nonton film yang di-sharing pada server ITB. Kampus ini memang mengasyikkan. Segala jenis lagu dan film bisa kita peroleh disana. Entah siapa saja yang sharing file. Ini kampus sumber ilmu pengetahuan, tapi sejak teknologi jaringan menjadi salah satu infrastruktur kampus, maka ITB juga jadi sumber entertainment.

Saat download film-film itu. Saya lihat kapasitas hardisk saya kurang seimbang. Drive C hanya terisi 30%, sedangkan drive D sudah nyaris 100% full. Bahkan notifikasi hard-drive full pun sudah muncul berkali-kali. Saya teringat partition magic itu. Mungkin dialah yang akan membantu saya untuk mengelola hardisk ini pikir saya.

Baiklah, mari kita kurangi size di drive C dan kita pindah ke drive D. Tampaknya mudah. Sekarang tahap akhir, pencet tombol untuk mengakhiri pekerjaan. Tiba-tiba komputer saya restart, dan tahukah kawan? Drive C dan D sudah kosong melompong.

Saya bengong sendiri. “Kenapa ini?”. Mungkin ada settingan yang salah. Saya restart lagi. Tetap saja, hardisk itu sudah kosong. Tanpa jejak sedikit pun.

Dalam sekejap saya panik. Bagaimana dengan seluruh data TA saya? Draft sudah jadi, beribu-ribu baris code program yang sudah saya ciptakan juga hilang. Langsung saja seluruh darah yang ada di kepala lenyap. Saya seolah tak punya kepala lagi. Lantas jatuh tersungkur. Menangisi kejadian konyol itu. Karena saya yakin betul semua data TA belum di-backup sama sekali.

Inilah sumber nestapa itu
Inilah sumber nestapa itu

Hanya dengan sekali klik partition magic, seluruh kerja keras saya selama 1 semester musnahlah sudah. Itulah malam paling nestapa dalam hidup saya. Seperti seekor anak ayam yang kehilangan induknya, saya menciap-ciap dalam keheningan dan basah oleh air mata. Meratapi nasib yang begitu malang akibat kecerobohan sendiri.

Besoknya saya menghadap sang dosen pembimbing dengan mata sembab dan muka pucat. “Maaf Pak, saya sedang terkena musibah. Saya mohon perpanjangan 1 semester lagi untuk sidang“, saya hadir di hadapan pak dosen dengan segala kekalahan. “Kenapa?“, katanya singkat tapi penuh tanda tanya. “Hardisk saya rusak Pak“, saya masih menunduk. “Ga ada back up-nya?” pertanyaan yang sudah saya tebak. “Tidak ada Pak“, jawab saya merasa bersalah sekali. “He..he… lain kali semuanya di back-up ya. Kita ambil saja hikmahnya“, dosen saya ini baik betul. Tidak marah dan selalu mengerti. Beda dengan nasib kawan-kawanku yang menghadapi dosen yang suka menyusahkan mahasiswa.

Sebulan lebih saya tak sentuh lagi pekerjaan tugas akhir itu. Saya seolah-olah kehilangan semangat. Terpukul oleh yang namanya kebodohan diri sendiri dan diperparah partition magic. Harus mengulang lagi semuanya dari awal.

Satu lagi tambahan pelajaran yang saya peroleh. Backup….! Bila ada backup mungkin saya tak akan se-nestapa ini.

13 KOMENTAR

  1. Ikut sedih juga……kasihan ya….kerja 6 bulan hilang hanya dengan sekali klik….
    Apa udah di coba pake get data back ( bisa utk fat32 dan ntfs)
    Aq juga pernah ngalami hal serupa, alhamdulillah data yang hilang akibat partition magic bisa kembali, walaupun tidak 100%. OS ku dulu pake XP.
    Silahkan di coba, mungkin bisa membantu. Jangan mudah putus asa, dimana ada kemauan, disitu pasti ada solusi.
    Ingat, nasib kita tergantung pada kemauan dan usaha dari diri kita sendiri.
    Selamat berjuang…..

  2. Terimakasih sudah ikut sedih.
    Memang langkah berikutnya yang saya lakukan adalah menyelamatkan data pakai solusi itu. Tapi sayang, data TA saya sudah tenggalam benar-benar. Tak bisa diselamatkan.
    Terimakasih juga atas nasehatnya. Senang sekali saya membacanya.
    wong cilik

  3. untuk mengembalikan data,video,musik dll. Pakai my recovery
    bisa di download di cnet. Pasti berhasil,soalnya saya pernah mengalami,walaupun pernah di format beulangkali.

    • Wah.. terimakasih informasinya. Tapi sayang, kejadiannya sudah lebih 4 tahun yang lalu. He..he…

  4. kalau saya punya pengalaman untuk recovery data gunakan r-studio meskipun diformat beberapa kali masih bisa. asalkan tidak menggunakan wipe saat menggunakan partition tools.

  5. Untuk hal yang sudah terjadi semacam ini kita masih bisa mengembalikan data yang hilang tadi, jangan khawatir. Kita bisa gunakan software “GetDataBack versi 3.02” untuk mengembalikan data yang sudah hilang dari hardisk bahkan dari tempat sampahnya sekalipun, Temen2 bisa download program ini, selain gampang digunakan hasil data yang diketemukanpun cukup akurat. Semoga info ini bisa meminimalisir kepanikan akibat kehilangan data…. Semangat…!!!

    • o ya, sekalian tanya. Kalau data hasil recovery itu tetap bagus atau ada kemungkinan rusak? Makasih masukannya ya

  6. Aduuhh ternyata efeknya lumayan mantaps yah.. iya harus backup-backup dan backup, thanks pengelamannya, sekarang gimana? pastinya sudah lulus bukan?

  7. Utung saja saya belum membuka tuh yang namanya

    Partition Magic, baru download sihh.
    Wahh… Klo ngga ngerti makenya bahaya juga yaa gannn…? (malah saya blm ngerti sama sekali penggunaannya tuh software).

    Tapi saya mau mencoba mindahin beberapa GB harddisk kompi saya, saya pindahin ke Flashdisk. Gini dah FD saya missal kapasitasnya 1GB trus saya ambilin dr HD drive C 7GB lalu saya pindahin ke FD biar jadi 8GB.
    Kira2 bisa ngga yaa Broo…?

    By MS CYBER MATRIX

LEAVE A REPLY


CAPTCHA Image